Angin Puting Beliung Rusak Rumah Di Tiga Desa Wonosobo


Ims2003.org – Bencana angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Wonosobo, Kamis (7/12/2017) merusak banyak rumah para warga yang ada di Wonosobo. Bencana angin puting beliung tersebut terjadi di sekitar daerah Desa Surengede Kecamatan Kertek, Wonosobo ini merusak 42 rumah warga, dan tiga rumah di antaranya rusak berat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Prayit menjelaskan terkait dengan terjadinya angin puting beliung ini merusak rumah warga di tiga dusun di Desa Surengede. Ketiga dusun tersebut yakni Dusun Wironalan, Pangempon dan Surengede.

“Kerusakan terbanyak di Dusun Pangempon yakni 20 rumah. Sedangkan di Dusun Surengede 5 rumah dan Dusun Wironalan 17 rumah,” terang Prayit Kamis (7/12/2017) sore.

ebagian besar rumah mengalami rusak ringan yakni genteng dan atap seng jatuh. Sedangkan tiga rumah di Dusun Wironalan rusak berat akibat tertiup angin puting beliung tersebut.

“Ada yang karena tertimpa pohon, ada yang atap rumahnya lepas karena terbawa angin,” kata dia.

Prayit juga memastikan, akibat kejadian tersebut tidak sampai menyebabkan korban jiwa. Hanya untuk jumlah kerugian, ia mengaku belum bisa memastikan. Sebab, upaya pendataan terkendala listrik di daerah tersebut yang padam.

“Kerugian masih kami hitung karena terkendala listrik padam,” tambahnya