Belasan Orang Di Magelang Terpaksa Harus Dirawat Lantaran Keracunan Jamu Uyub-Uyub


Ims2003.org – Pihak kepolisian telah melakukan sebuah tindak pemeriksaan terhadap penjual jamu keliling yang telah menelan belasan korban lantaran telah mengonsumsi jamunya itu.

Ada sebanyak sebelah warga Kabupaten Magelang yang terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami keracunan. Saat ini kesebelas korban tersebut sudah berada di RSUD Muntilan untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

Mereka diduga mengalami keracunan setelah meminum jamu tradisional uyub-uyub untuk ibu menyusui. Jamu tersebut dibeli oleh mereka kepada seorang penjual jamu keliling yang sudah selama puluhan tahun menjadi penjual jamu keliling di sekitar Magelang.

Saat ini penjual jamu keliling berinisial, S (56) warga Desa Treko, Kecamatan Mungkid masih dimintai keterangan oleh kepolisian terkait kejadian keracunan tersebut. Beberapa barang bukti juga telah diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Untuk barang bukti yang sudah kita amankan salah satunya adalah tempat membuat jamu, lumpang, alu, dan botol-botol yang digunakan untuk menampung jamu tersebut,” terang Kapolsek Mungkid, AKP Supriyono di mapolsek, Rabu (28/3/2018).

Sejauh ini, polisi masih melakukan penyelidikan atas kasus keracunan yang menimpa ibu-ibu rumah tangga itu. Semua barang bukti sudah diamankan di polsek.

“Proses sampai sekarang masih penyelidikan. Sambil menunggu korban yang dirawat di rumah sakit untuk kita mintai keterangan,” tandasnya.