Gunung Merapi Abunya Guyur Kabupaten Sleman Dan Sekitarnya


Ims2003.org – Letusan yang berasal dari Gunung Merapi terjadi kembali tadi pagi sekitar pukul 07.43 WIB. Akibat letusan freatik tersebut mengakibatkan hujan abu vulkanik mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Sleman dan Kota Yogya.

“Pagi tadi radius bahaya dari puncak Merapi ditetapkan 5 kilometer, wilayah Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Kaliadem, di Kecamatan Cangkringan. Warga, wisatawan, semuanya turun ke lokasi aman. Lalu di Pakem dan Kaliurang warga juga ikut turun mengungsi. Setelah pukul 09.35 radius bahaya berkurang menjadi 2 kilometer dari puncak,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Joko Supriyanto, ditemui di Posko Utama BPBD Sleman Jalan Kaliurang Km 17, Pakem, Jumat (11/5/2018).

Setelah radius bahaya berkurang menjadi 2 kilometer, lanjutnya, warga masyarakat yang sebelumnya diimbau mengungsi sudah diperbolehkan kembali lagi ke rumahnya masing-masing dan beraktivitas. Namun masyarakat tetap diimbau memakai masker jika beraktivitas di luar rumah karena debu vulkanik masih bertebaran terkena angin.

“Jadi hingga siang ini, tidak ada warga yang mengungsi. Tidak ada posko pengungsian, kita hanya dirikan posko kesehatan di posko utama BPBD, bagi masyarakat yang membutuhkan masker atau cek kesehatan bisa ke sini,” jelasnya.

“Radius 2 kilometer diperuntukkan bagi pendaki, dilarang mendaki di radius tersebut dari puncak Merapi. Untuk radius 5 kilometer juga tidak banyak rumah penduduk, jadi tidak banyak warga yang turun,” imbuhnya.