Limbah Cair Berbahaya Segera Ditindak Lanjuti Kasusnya


Ims2003.org – Kasus pembuangan limbah cair impor yang terjadi belum lama ini terjadi di daerah dekat Rusun Romokalisari. Ternyata setelah melalui beberapa pemeriksaan, limbah cair tersebut mengandung bahan yang berbahaya.

Hal tersebut diketahui dari hasil uji coba laboratorium forensik Polda Jatim. “Ada item-item zat berbahaya yang jumlahnya melebihi baku mutu,” ujar Kasubdit IV Tindak Pidana Tertentu Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim, AKBP Rofiq, Selasa (26/9/2017).

Pihaknya sudah melakukan penyelidikkan terhadap para saksi ataupun dari para ahli dalam bidang tersebut, dan langsung menindak lanjuti perkara tersebut sesuai dengan ketentuan yang sudah ada.

“Berkas-berkasnya (penyelidikan) juga sudah lengkap,” ujarnya.

Rofiq juga menjelaskan, jika ada pertanyaan lebih lanjut, pihaknya mempersilahkan untuk langsung ditanyakan kepada pinpinannya. Karena direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim baru berganti pimpinan dari Kombes Pol Widodo ke Kombes Pol Agus Santoso.

“Jangan tanya saya,” jelasnya.

Sebelumnya, Satreskrim Polrestabes Surabaya mengamankan tiga orang yang dianggap bertanggungjawab pembuangan limbah cair impor yang dibuang di dekat Rusun Romokalisari, pertengahan Juli lalu. Kemudian penanganan perkara tersebut diambil alih Polda Jatim.