Nelayan Jepara Libur Melaut Karena Gelombang Tinggi


Ims2003.org – Terjadinya gelombang yang tinggi masih berlanjut hingga pagi tadi di perairan utara Kabupaten Jepara. Dengan kondisi gelombang yang begitu tinggi tersebut membuat para nelayan yang ada di Jepara terpaksa harus melibur untuk melaut.

Terjadinya gelombang tinggi tersebut sudah berlangsung sekitar dua pekan terakhir ini. “Gelombang tinggi masih terjadi. Kami berharap bagi nelayan jika melaut 2 sampai 3 mil saja. Mengingat gelombang bisa datang secara mendadak,” ujar Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Jepara, Sudiyatno, Kamis (25/1/2018).

Dengan kondisi yang seperti itu juga sangat berpengaruh dengan hasil tangkap yang maksimal. Tidak hanya itu saja, kselamatan para nelayan juga terancam di tengah lautan.

Salah seorang nelayan yang bernama Marwan, mengakui jika telah berhenti total tidak melaut lebih dari dua pekan. Selama ini, dirinya menganggur tidak bekerja.

“Kapal saya kecil, kalau nekat melaut bisa njempalik (terbalik). Jadi menganggur saja,” katanya, saat ditemui di dermaga kapal nelayan Kelurahan Demaan. Jika nekat melaut, hasil tangkapan tidak sesuai target.

“Kalau melaut biasanya butuh modal Rp2 juta sampai Rp 3 juta. Itu untuk melaut seminggu. Hasilnya bisa Rp 6 juta. Tapi kalau kondisi seperti ini, tidak bisa menututp modalnya,” pungkasnya.