Nining Sunarsih Divonis Alami Gangguan Jiwa Oleh Dokter RSUD R Syamsudin


Ims2003.org – Nining Sunarsih wanita yang berasal dari Sukabumi yang beberapa hari lalu akhirnya ditemukan sedang tergeletak di pesisir pantai setelah hilang tergulung ombak di Pantai Pelabuhan ratu setahun setengah lalu mendapatkan proses pemeriksaan oleh Dokter spesialis kejiwaan.

Dari pemeriksaan yang sudah dilakukan, dokter telah memvonis jika Nining mengalami depresi berat dan gangguan psikosis. Hal tersebut sudah masuk dalam kondisi gangguan kejiwaan.

“Kondisi depresi berat dan gangguan psikosis masuk ke ranah gangguan kejiwaan. Bagaimana bisa seperti itu? Kami melihatnya sisi logis berdasarkan medis, bukan sisi alam gaib seperti ramai di luaran,” tutur dokter spesialis jiwa RSUD R Syamsudin, Tommy Hermansyah, di RSUD R Syamsudin, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/7/2018).

“Kondisi depresi berat bisa terjadi ketika orang dalam tekanan keadaan. Kalau menurut saya bila informasi benar ibu ini hilang 1,5 tahun, bu Nining ini berhasil survive lalu terdampar di suatu tempat. Selama itu dia makan sendiri, ngomong sendiri dan lain sebagainya,” tutur Tommy menambahkan.

Dengan kepulangan Nining sempat membuat geger para masyarakat yang tinggal tidak jauh dari rumahnya. Perempuan tersebut dilaporkan hilang akibat tenggelam di laut Palabuhanratu Sukabumi pada Januari 2017. Setelah 1,5 tahun kemudian, Nining pulang diantar keluarganya. Pihak keluarga mengaku menemukan Nining dalam keadaan selamat di Palabuhanratu, Minggu 1 Juli 2018. Keluarga menyebut busana yang dipakai Nining masih sama saat dikabarkan tenggelam.

Cerita hilangnya Nining selama ini masih menjadi misteri. Polisi turun tangan menyelidiki kisah tersebut. Tommy mengaku pernah menangani orang yang kondisinya sama seperti Nining. Bedanya, sebelum menjalani pengobatan, orang tersebut mendapat kekerasan dari lingkungannya lalu kabur ke hutan selama empat tahun.

“Pasien masuk dalam keadaan depresi berat, setelah menjalani perawatan akhirnya dia pulih dan bisa menceritakan apa yang dia alami selama empat tahun tersebut. Nah kami berharap kondisi serupa yang terjadi pada Bu Nining, beliau pulih dan bisa menceritakan kisah yang sebenarnya,” ujar Tommy.

Selain cerita bertahan hidup di suatu tempat, kemungkinan lain yang bisa mengakibatkan depresi berat adalah tekanan pekerjaan. Jika seseorang bekerja di suatu tempat kemudian mendapat tekanan secara berulang maka bisa mengalami gejala yang sama.

“Gejala depresi berat itu beragam, ada yang ringan, sedang dan berat. Seperti yang tadi saya ungkap, ada yang bisa sembuh dari awalnya diam saja kemudian bisa berkomunikasi dan mengenali kembali lingkungannya,” katanya.