Operasi Tertib Lalin Jatim, Puluhan Kendaraan Lakukan Pelanggaran


Ims2003.org – Operasi yang digelar oleh Dinas Perhubungan Pemprov Jatim dengan menyasar kepada para kendaraan yang mengangkut orang dan juga membawa muatan barang dilakukan di Terminal Lamongan.

Operasi yang bertemakan Operasi Keselamatan Tertib Lalu Lintas tersebut mendapati banyak kendaraan yang tidak lengkap dan melakukan pelanggaran yang lainnya. Belasan kendaraan karena melanggar uji kir dan dimensi, tidak dilengkapi surat, akhirnya terjaring, operasi yang dilakukan dengan polisi dan TNI.

Kepala Seksi Pengendalian Operasional Dishub Provinsi Jawa Timur, Nurul Ahzani mengatakan, razia gabungan ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. “Untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas kita gelar Operasi Keselamatan Tertib Lalu lintas,” kata Nurul Ahzani usai melakukan operasi di Terminal Lamongan, Rabu (27/9/2017).

Phaknya sempat menuturkan, sudah banyak angka kecelakaan yang terjadi terutama pada angkutan orang dan angkutan barang. Sehingga, sasaran yang utama razia ini mengenai kelayaan jalan angkutan.

“Kita periksa untuk bus, khususnya administrasi pada pengemudi banyak SIM pengemudi yang tidak sesuai dengan fungsinya. Misal, supir bus hanya pakai SIM B, harusnya kan memiliki B1 umum. Untuk fisik, kita periksa. Di antaranya fungsi rem dan sistem wiper dan washer,” ujarnya.

Dari hasil operasi yang dilakukan, petugas menemukan puluhan pelanggaran. Di antaranya ditemukan bus izin trayeknya sudah habis masa berlakunya. Untuk angkutan barang berkaitan dengan dimensi kendaraan serta kaitan dengan buku uji, habis masa berlakunya.

Pihaknya, kata Nurul, menilang 14 pengguna jalan yang melanggar ketentuan yakni Uji Kir dan Dimensi. Sementara dari kepolisian berhasil menilang 17 STNK, 2 SIM dan menyita 2 kendaraan roda 2.