Pak Guru SMA Yang Hilang Di Gunung Gede Ditemukan Dengan Keadaan Selamat


Ims2003.org – Perjuangan yang dilakukan oleh Tim SAR dalam mencari pendaki hilang yang berstatus sebagai guru SMA sempat menemui kendala terkait medan yang curam. Guru SMA yang bernama Yusup Iskandar (40) hilang di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Sukabumi.

Tim SAR berhasil menemukan guru SMA tersebut di aliran sungai. Koordinator Pos SAR Basarnas Sukabumi Aulia Solihanto menjelaskan personel SAR gabungan berhasil menemukan Yusup pada koordinat 06 46′ 43.16″ – 106 56′ 08″, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (12/9/2017), sekitar pukul 10.00 WIB.

Setelah Yusuf berhasil ditemukan, para petugas Tim SAR melakukan tindakan pemulihan terhadap Yusuf.

“Dari titik hilang ke lokasi ditemukannya korban sekitar dua jam perjalanan. Korban begitu senang melihat tim yang datang dan meneriakkan namanya,” tutur Aulia kepada detikcom usai evaluasi sekaligus penutupan operasi berkode YI – 9917 tersebut.

Tim SAR gabungan memulai operasi pencarian Yusup pada Minggu (10/9). Yusup dilaporkan hilang sejak Sabtu (9/9) selagi mendaki di kawasan TNGGP.

Ada luka-luka di tubuh Yusup. Paling banyak luka di kaki yang diduga terkena semak belukar mengingat saat perjalanannya situasi di sekitar lokasi tidak ada pencahayaan dan curam.

“Dia mengaku sempat terperosok bantaran sungai kecil. Tapi tidak ada luka serius, karena selama tersesat itu dia mengonsumsi dedaunan dan minum air sungai,” ujar Aulia. Operasi SAR selesai dan ditutup setelah tim menemukan Yusup.