Peringati Hari Perhubungan Nasional, Angkot Cicalengka-Cijolang Nagreg Gratis


Ims2003.org – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional, angkot berjumlah 45 unit dengan berstiker khusu yang biasa trayek Cicalengka-Cijolang Nagreg memeberikan tumpangan gratis untuk para penumpangnya. Kabid Angkutan Dishub Kabupaten Bandung Hilman Karad mengatakan, layanan angkot gratis ini beroperasi, Selasa, (26/9/2017) mulai dari Pukul 06.00-18.00 WIB dengan jarak tempuh 20 kilo meter.

“Sebelumnya, layanan angkot gratis pernah dilaksanakan di wilayah selatan trayek Soreang-Banjaran. Layanan angkot gratis ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional,” katanya di Terminal Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Trayek yang dipilih kali ini pada wilayah timur Kabupaten Bandung. Alasannya yakni lintasan angkot Cicalengka-Cijolang Nagreg sudah berbadan hukum dan terhimpun dalam sebuah koperasi. Subsidi angkot gratis ini sebagai bentuk kepedulian dan stimulus oleh Pemkab Bandung kepada seluruh operator angkot dan pengguna jasa angkot.

“Ini merupakan bagian dari upaya kita, menumbuhkembangkan kembali anomimo masyarakat dalam menggunakan transportasi publik,” ungkapnya.

Selain itu, tujuan kegiatan angkot gratis itu untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan penggunaan kendaraan pribadi dan mengurangi tingkat emisi gas buang oleh kendaraan bermotor.

“Kami berharap dengan kegiatan angkot gratis ini dapat menumbuhkan jasa transportasi di Kabupaten Bandung dan menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap alat transportasi umum,” ujarnya.

Salah satu pelajar Deden Agus (14) mengaku senang bisa naik angkot gratis. “Senang bisa menghemat uang jajan, semoga bukan hari ini saha,” katanya. Warga Nagreg Reni (45) menuturkan untuk mengembalikan minat masyarakat kembali menggunakan angkutan massal, seharusnya pemerintah sering membuat program naik angkot gratis. “Harus sering, agar menjadi stimulus jika tidak angkot bakal ditinggalkan,” pugkasnya.