PKL Jalan Malioboro Kompak Libur, Kenapa?


Ims2003.org – Semua pedagang yang berjualan disepanjang jalan Maliobor pada hari ini Selasa (26/9/2017) meliburkan diri secara kompak. Hal ini baru pertma kali terjadi sekarang.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk bisa dijadikan jeda dan juga memberi suasana nyaman pada lokasi tersebut. Hari ini menjadi pertama kalinya ribuan PKL di Jalan Malioboro meliburkan diri, Selasa (26/9/2017). Hal ini sekaligus menjadi salah satu rangkaian dalam rangka HUT ke-261 Kota Yogyakarta.

Rencana tersebut juga sekaligus dijadikan uji coba. Diharapkan liburnya PKL di Jalan Malioboro bisa berlangsung rutin sehari dalam satu bulan pada hari Selasa Wage.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunanto Dwi Sutono mengatakan pada tanggal 26 September bertepatan dengan hari Selasa Wage seluruh PKL disepanjang jalan Malioboro mulai dari pintu kereta api (KA) Stasiun Tugu sampai Titik Nol Kilometer tidak berjualan. Semua PKL sepanjang lorong-lorong dan di kanan kiri Jalan Malioboro akan berhenti selama 24 jam.

Menurut dia, hari libur ini akan menjadi masa jeda atau istirahat setiap 35 hari sekali. Saat libur tersebut, nantinya akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang membuat suasana nyaman.

“Ini momentum untuk ujicoba, nanti kita evaluasi untuk bisa dilaksanakan terus setiap hari Selasa Wage,” kata Yunanto, Kamis (7/9).