Polda Jateng Siagakan Seribu Personel Untuk Terjun Di Lokasi Bencana Jateng


Ims2003.org – Sebanyak kurang lebih seribu personel Polda Jawa Tengah (Jateng) telah disiagakan untuk bisa berjaga-jaga dan juga membantu korban bencana alam di seluruh Jawa Tengah. namun ada satu daerah khusus yangwajib untuk dijaga yakni sepanjang susur sungai Bengawan Solo.

Gelar pasukan digelar di Mako Brimob, Srondol, Semarang. Pengecekan terhadap personel juga telah dilakukan langsung oleh Kapolda Jateng, Irjen (Pol) Condro Kirono. Selain itu juga peralatan yang dibutuhkan sudah dicek sebelum diberangkatkan menuju lokasi.

Ada sejumlah daerah yang menjadi proioritas antara lain daerah Sukoharjo, Wonogiri, Purworejo, dan Karanganyar. Untuk daerah lainnya jika memang sangat perlu dikirim personel nantinya juga akan dilakukan.

“Kita mempersiapkan 1.000 personel untuk antisipasi dan akan BKO-kan proritas ke Sukoharjo, Wonogiri, Purworejo, dan Karanganyar. Wilayah alur sungai Bengawan Solo,” kata Condro, Kamis (30/11/2017).

“Ada Brimob, Sabhara, Pol Air, dan Dokkes,” imbuhnya.

Setiap personel kepolisian yang ada di masing-masing daerah bareng dengan unsur TNI, SAR, di bawah arahan BPBD setempat sudah melakukan kegiatan untuk membantu warga yang terdampak bencana. Personel yang dikirim hari ini dimaksudkan untuk membantu karena sudah memiliki spesifikasi kemampuan SAR.

“Saat ini kapolres-kapolres setempat dengan personel yang ada bersama unsur TNI di bawah BPBD sudah lakukan langkah menolong korban, membantu pengungsi, dan mencari korban yang belum dapat ditemukan seperti Wonogiri,” tandasnya.

Tidak hanya itu saja, ada sebanyak 500 personel yang berasal dari Brimob Polda Jateng yang juuga telah disiagakan untuk membantu penanganan bencana erupsi Gunung Agung Bali jika dibutuhkan. “Bali 500 personel Brimob dengan peralatan. Tunggu kapan diberangkatkan. Akan diberangkatkan lewat jalur darat,” pungkas Condro.