Sembilan Pendaki Kelud Berhasil Dievakuasi Dengan Selamat


Ims2003.org – Ada sebanyak sembilan pendaki yang telah terjebak di gunung Kelud akhirnya bisa di temukan dalam kondisi selamat. Ke sembilang orang pendaki tersebut berhasil di evakuasi oleh para petugas pencarian sekitar pukul 05.00 WIB, Selasa (7/11/2017).

Serombongan pendaki yang berjumlah sembilan orang berasa;l dari beberapa daerah yang ada di Jawa Timur yakni Surabaya, Lamongan, Tuban, Sidoarjo dan Mojokerto. Kesembilan orang pendaki itu terdiri dari 5 perempuan dan 4 laki-laki.

“Alhamdulillah baik dari BPBD Blitar dan Kabupaten Kediri berhasil mengevakuasi seluruh pendaki yang terjebak akibat sakit dan cuaca ekstrim,” kata Wakil Bupati Kediri, Maskhuri di lokasi evakuasi sekitar Gunung Kelud dan Sumbing.

Dari 9 pendaki, hanya 7 yang dievakuasi petugas dari sisi atau jalur Kabupaten Kediri. 2 Di antaranya berhasil dievakuasi petugas BPBD Kabupaten Blitar dari jalur Blitar. 2 Pendaki perempuan dievakuasi melalui jalur Gandusari, Blitar.

Saat ini kesembilan pendaki tersebut sudah dalam proses perawatan karena kondisi fisiknya yang sangat lemah. Untuk 7 pendaki lainnya terpaksa dievakuasi melalui jalur Kediri. Meski medan cukup berat, namun perjalanannya singkat.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha membenarkan evakuasi terkendala medan yang curam. Cuaca yang ekstrim dingin usai hujan juga membuat tim rescue BPBD-Basarnas kesulitan melakukan proses evakuasi.

Para pendaki mulai kesulitan melanjutkan perjalanan sejak Senin (6/11/2017) sore karena hujan deras. Dan akhirnya baru bisa dievakuasi dini hari tadi. “Saya menerima kabarnya juga bisa dibilang terlambat, habis maghrib. Karena medan sulit, proses pencarian dilakukan malam hingga pagi terus dilakukan,” jelas Randy.

Meskipun cukup menyita waktu, dari malam hingga pagi hari beruntungnya proses evakuasi dengan dibantu tim gabungan dari BPBD, Basarnas, TNI- Polri dibantu warga Kecamatan Ngancar, berjalan lancar.

“Alhamdulillah proses evakuasi berjalan lancar, bahkan pendaki yang dikabarkan pingsan dan kritis semuanya dievakuasi dalam keadaan baik. Hanya kelelahan dan kedinginan,” tandas Randy.

Data sembilan pendaki gunung Kelud:

1. Santi warga Mojokerto
2. Nani asal Mojokerto
3. Arik warga Blitar
4. Niswa warga Lamongan
5. Ani warga Mojokerto
6. Agus warga Tuban
7. Tristiawan warga Sidoarjo
8. Raka warga Mojokerto
9. Hari warga sekitar