Tak Kuat Menanjak Truk Trailer Melintang Di Jalan Utama Purworejo


Ims2003.org – Diduga tidak kuat membawa muatan pada saat menanjak dan juga mengalami as patah sebuah truk trailer berada di posisi melintang. Dengan posisi truk yang melintang tersebut berada di jalan utama Purworejo Jawa Tengah.

Akibat adanya truk trailer yang melintang di badan jalan tersebut kemacetan parah terjadi di Jalan Magelang di Dusun Sorogenen, Desa Kalijambe, Kecamatan Bener. “Akibatnya terjadi kemacetan total untuk jalur Purworejo-Magelang-Semarang. Seluruh kendaraan kami arahkan untuk melintasi jalur alternatif,” ungkap Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Himawan Aji Angga di lokasi kejadian, Jumat (22/12/2017).

Insiden tersebut berlangung pada Jumat dini hari. Kronologi berawal pada saat truk dengan Nopol B 9040 FOM dengan muatan besi yang dikemudikan oleh Bambang Waskita (47) warga Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, malaju dari arah Purworejo Menuju Magelang. Hingga sampai dilokasi kejadian, truk tersebut tidak kuat menanjak sehingga as patah dan berhenti melintang di tengah jalan.

“Karena tanjakan tinggi, kondisi hujan dan jalan licin sehingga truk tidak kuat menanjak kemudian as patah dan berhenti melintang di tengah jalan,” lanjutnya.

Beruntungnya dalam peristiwa ini tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun terkait dengan arus lalu lintas dari Purworejo menuju Magelang atau sebaliknya mengalami kemacetan total. Seluruh pengguna jalan yang hendak melintasi jalan tersebut disarankan untuk mengambil jalur alternatif lain dengan memutar melalui Kulon Progo Yogyakarta atau Wonosobo.

“Petugas kami kerahkan untuk mengatur arus lalu lintas termasuk mengarahkan pengguna jalan untuk putar arah sebelum masuk ke lokasi kejadian. Saya imbau agar pengguna jalan lain untuk memutar arah melalui Kulon Progo atau Wonosobo,” imbuh Himawani.

Sementara itu salah seorang pengguna jalan, Sabar (43) warga Desa Bangao, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak kepada detikcom mengaku sudah menunggu selama 10 jam sejak dini hari tadi. Sopir truk tersebut sedianya akan menuju Cilacap untuk mengantarkan muatan batubara.

“Sudah sejak tadi malam, Mas. Sudah ada 10 jam kayaknya, saya sampai tidur di truk juga. Semoga cepet dievakuasi lah agar jalur bisa normal kembali,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, truk trailer yang melintang di tengah jalan tersebut masih dalam proses evakuasi. Ratusan warga setempat pun menuhi sekitar lokasi untuk sekedar melihat proses evakuasi truk tersebut.