Tujuh Narapidana Di Blitar Mendapat Remisi Natal


Ims2003.org – Ada sebanyak tujuh seorang narapidana yang mendapatkan emisi Natal di Lapas Klas II B Blitar. Ketujuh narapidana tersebut merup[akan seorang narapidana satu kasus pencurian dan yang keenam lainnya merupakan narapidana kasus narkoba.

Pada tahun ini, pihak dari Lapas Klas II B Blitar telah mengusulkan sebanyak tujuh narapidana untuk bisa mendapatkan sebuah remisi Natal. Dari pengusulan sebanyak tujuh naraopidana tersebut memang sudah disetujui dengan putusan potongan hukuman yang berbeda-beda.

“Pada Hari Raya Natal tahun ini kami mengusulkan remisi untuk 7 napi. Pemerintah Pusat juga telah menyetujuinya. Persetujuan remisi tertanggal 24 Desember 2017, jadi mulai hari itu ketujuh napi mendapatkan remisi Natal,” kata Kepala Lapas Klas II B Blitar Rudi Sardjono, Selasa (26/2017).

Terkait dengan rincian remisi untuk ketujuh narapidana yakni dua napi mendapat remisi selama 15 hari. Sedangkan 5 napi lainnya selama 1 bulan.

“Tentu remisi Natal ini didapatkan bagi napi yang beragama Nasrani saja sesuai dengan perayaan agama yang bersangkutan,” jelasnya.

Ketujuh narapidana yang mendapatkan remisi tersebut memang sudah memenuhi kriteria antara lain berperilaku baik selama masa hukumannya. “Ya pastinya yang kami usulkan sudah sesuai dengan kriteria atau aturan yang yang ada,” imbuhnya.

Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi Hari Raya Natal kepada 9.333 narapidana beragama Katolik dan Protestan se-Indonesia.

Dengan remisi ini, sebanyak 175 di antaranya akan langsung bebas. Sementara itu 9.158 napi lainnya masih harus menjalani sisa pidana di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan.